Mengunjungi Wisata Sejarah Peristiwa G30S PKI di Jakarta: Menelusuri Jejak Penuh Makna Bersama Komunitas Cinta Museum X Teman Manusia


Wisata Sejarah G30S PKI di Jakarta
Source: Dokumen Menjadi Manusia

Wisata sejarah G30S PKI selalu ramai dikunjungi menjelang peringatan kesaktian Pancasila. Mengunjungi tempat ini memberikan edukasi terutama pada generasi muda tentang pengorbanan pahlawan revolusi pada masa itu.

Peristiwa di tahun 1965 adalah sejarah yang kelam dan menyakitkan, namun bagi yang lain, ini adalah peringatan penting tentang pentingnya kewaspadaan politik dan perlindungan terhadap Pancasila.

Kini, jejak peristiwa tersebut masih bisa ditelusuri di beberapa tempat di Jakarta yang menjadi saksi bisu dari tragedi tersebut.

Destinasi Wisata Sejarah Peristiwa G30S PKI di Jakarta

Berikut ini beberapa tempat wisata sejarah peristiwa G30S PKI yang bisa Anda kunjungi sebagai edukasi dan mengenang Pahlawan Revolusi.

1. Museum Sasmitaloka Jenderal Nasution

Dahulu museum ini adalah rumah tinggal Jenderah Abdul Haris Nasution. Rumah ini menjadi juga menjadi salah satu lokasi wisata sejarah peristiwa G30S PKI.

Pada dini hari 1 Oktober 1965, kediaman Jenderal Nasution diserang oleh anggota pasukan cakrabirawa yang sudah disusupi oleh G30S PKI.

Tetapi beliau berhasil melarikan diri,  namun, putrinya, Ade Irma Suryani dan sang ajudan Pierre Tendean menjadi korban dalam insiden tersebut.

Wisata Sejarah Peristiwa G30S PKI
Source: Dokumen Menjadi Manusia

Kini, rumah tersebut diabadikan menjadi museum untuk mengenang perjuangan Jenderal Nasution beserta keluarga lainnya yang gugur dalam peristiwa kelam tersebut.

Ketika berkunjung ke meuseum ini Anda akan melihat perjuangan Jenderal Nasution, dokumen penting, sampai benda bersejarah yang berkaitan dengan peristiwa tersebut.

Di halaman belakang, Anda bisa melihat relief yang menggambarkan suasana saat Jenderal Nasution berhasil meloloskan diri dari peristiwa tersebut.

Museum Sasmitaloka Jenderal AH. Nasution terletak di Jalan Teuku Umar No.40, Gondangdia, Kec. Menteng, Jakarta Pusat.

Wisata Sejarah Peristiwa G30S PKI
Source: Dokumen Menjadi Manusia

Jam berkunjung, Selasa – Minggu 09.00 – 16.00 WIB, sedangkan hari Senin Tutup. Untuk tiket masuknya Anda tidak perlu membayar alias gratis.

2. Museum Sasmitaloka Jenderal A. Yani

Sama halnya dengan dengan museum Jenderal Nasution, Museum Sasmitaloka Jenderal A. Yani juga merupakan kediaman pribadi beliau yang ia tinggali bersama keluarga.

Di  rumah ini juga Jenderal Ahmad Yani tewas pada peristiwa tersebut ditembak oleh pasukan G30S PKI.

Setelah peristiwa tersebut keluarga Jenderal A. Yani memberikan rumah tersebut kepada negara untuk dijadikan museum sebagai bentuk penghormatan kepada Jenderal A. Yani.

Di museum ini, Anda dapat melihat berbagai benda peninggalan pribadi Jenderal A. Yani, seperti foto-foto keluarga, pakaian dinas, mobil dinas serta dokumentasi sejarah.

Terdapat bagian menarik dari museum ini adalah ruangan yang masih dipertahankan dalam kondisi aslinya seperti saat peristiwa terjadi.

Wisata Sejarah G30S PKI di Jakarta
Source: Dokumen Menjadi Manusia

Di sini, Anda dapat merasakan suasana dramatis saat penyerangan terhadap Jenderal A. Yani, termasuk tempat di mana beliau gugur.

Museum Sasmitaloka Jenderal A Yani terletak di Jalan Lembang No.67, Menteng, Kec. Menteng, Jakarta Pusat.

Anda bisa berkunjung di jam dan hari Selasa – Minggu 08.00 – 16.00 WIB, untuk tiiket masuknya gratis.

Wisata Sejarah G30S PKI di Jakarta
Source: Trip Advisor

3. Monumen Kesaktian Pancasila

Dahulu Monumen kesaktian Pancasila merupakan tempat penyiksaan para Jenderal yang diculik pada dini hari 1 Oktober 1965.

Di tempat ini juga para jenderal dibunuh dan jasadnya dimasukkan ke dalam sumur tua yang dikenal dengan Lubang Buaya.

Monumen ini dibangun sebagai penghormatan kepada pahlawan revolusi yang gugur dalam peristiwa tersebut.

Di dalam kompleks Monumen Pancasila Sakti, Anda dapat melihat diorama yang menggambarkan kronologi peristiwa penculikan dan pembunuhan para jenderal.

Termasuk replika sumur tempat jasad mereka ditemukan. Selain itu, terdapat juga Museum Pengkhianatan yang menampilkan dokumen, foto, dan artefak lainnya yang berhubungan dengan peristiwa tersebut.

Di  monumen ini juga menampilkan patung tujuh pahlawan revolusi yang gugur dalam peristiwa kelam tersebut. Serta diorama yang menggambarkan peristiwa tersebut secara rinci.

Monumen ini menjadi tempat peringatan nasional setiap tanggal 1 Oktober untuk mengenang pengorbanan para pahlawan revolusi.

Monumen Kesaktian Pancasila terletak di Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Kec. Cipayung, Jakarta Timur.

Anda bisa berkunjung ke sini pada jam 08.00 – 15.30 WIB, harga tiket masuknya Rp5.000 untuk umum, sedangkan untuk pelajar dan mahasiswa Rp3.000.

Source: Koran Sulindo

Menapaki wisata sejarah peristiwa G30S PKI bersama Komunitas Cinta Museum dan Teman Manusia memberikan banyak pelajaran berharga, sekaligus menjadi refleksi agar peristiwa ini jangan sampai terjadi kembali.***

Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar